Minggu, 06 Juni 2010

Pejuang Film (Sebuah awal)

Assalamualaikum..Sebagai orang yang mengaku menggilai film, jujur saja saya (gak pake "ana" lg) jarang banget nonton di bioskop, alasan kuatnya karena jarak ke bioskop suangat jauh, nun jauh disana ongkosnya jg mahal..harus ke bandung atau ke Cirebon... Pasti timbul pertanyaan di otak pembaca sekalian..."Emang dimana rumah kang Ari teh..?"..dengan bangga saya jawab.."Rumahku di Majalengka, sebuah kabupaten yang semenjak sepuluh tahun yang lalu tak mempunyai lagi bioskop, menyedihkan..otomatis harapan satu2nya untuk memuaskan dahaga para penggemar film ya lewat VCD bajakan...hehe, itu sebelum ada DVD..kalo sekarang mah udah bukan vcd bajakan lagi, tp DVD Bajakan..udah ah..gak usah dijelasin lg kenapa harus yang bajakan...


13 tahun yang lalu masih ada 3 buah bioskop yang memutar film-film dengan waktu rilis 6-10 bulan lebih telat dari waktu rilis di jakarta atau Bandung...nama bioskopnya adalah Istana Bintang, Galaxy Majalengka dan Galaxy Kadipaten. Waktu itu  masih SMP ketika saya jajal semua bioskop itu, Sebenernya rental-rental VCD tradisional sih udah lumayan menjamur, tapi ketika itu saya tidak punya VCD player jadi males juga kalo tiap ngerental film harus numpang vcd player tetangga.. hehe...emang dulu saya sering banget nebeng muter vcd film yang saya sewa di rumah tetangga. Secara random saya coba tiap rumah tetangga buat muter VCD film yang saya sewa, hehe...kalo hasrat buat nonton udah di puncak, saya jdi gak nyadar kalo mungkin saja kebiasaanku ini udah ngerepotin si empunya vcd player..syukur-syukur kalo kebiasaanku ini malah jadi membahagiakan si empunya player..karena sudah merasa diuntungkan dengan alasan karena kebiasaan saya ini dirinya gak usah repot-repot lagi nyewa film, apalagi kalo filmya satu selera sama saya.. Tp gimana kalo gak begitu...gimana kalo film yang saya bawa gak match sama selera si empunya player, mungkin benar sebagai penghormatan dia ikut duduk manis nonton jg, tp dalam hatinya selalu bertanya-tanya "masih lama nggak y selesai filmny.." atau dengan kode-kode gerakan kalo dia gak enjoy sama film yg saya bawa.. contohnya dengan berubah-rubah posisi duduk, dalam sepuluh menit udah ada 7 kali perubahan, dari bersila, melonjor, bersandar, miring, berbaring, jongkok, nungging...aaah kalo udah gini kenikmatan nonton saya semakin berkurang. Atau yang palig berani ..ekspresi ketidaksukaannya pada film yang saya bawa adalah langsung terlontar secara lisan, "Aaah film apaan nih, gak ngerti"(itu kalo saya bawa film sejenis Memento), "kapan berantemnya nih, ko ngomong terus filmnya(itu kalo saya bawa film sejenis ABeautuful Mind)" "masih lama gak nih filmnya (itu kalo saya bawa film berdurasi panjang seperti Ben Hur)""aaah ko setannya gitu doang (itu terjadi waktu saya bawa film The sixth sense)"..Setelah mempelajari hal itu akhirnya saya lebih bijaksana dalam memilih film untuk diputar di tetangga...Setelah  Survey Selera film warga Desa Cicalung (itu lah nama desaku)..Film-film sejenis action yang pemennya Van-Damme, Steven Seagal, Arnold Scwarneger, Stallone, Jet Li dan Jacky Chan adalah favorit mereka semua. Selain itu film-film monster sejenis Anaconda, Lake Placid..atau film2 kelas B berjenis monster binatang lainnya sangat populer di desa cicalung ku itu..
aaah.....tp sampai saat itu orang tuaku belum punya rizki untuk membeli VCD player..
kebiasaanku masih berlangsung dan eksis..sedikit mengingat..Inilah beberapa tetangga yang pernah menjadi "korban" hobiku.
  1. Uwaku (Wa Toto Jumanta)..seleranya film-film action yang penting banyak tembakannya dan ledakan. selain itu suka juga film nya Rhoma Orama, dari Gitar Tua sampe Berkelana udah dia jajal.. Paling sering saya muter film disini. Film yang pernah saya putar di playernya Wa Toto yang paling saya ingat yaitu Moulin Rouge, Scream, Scary Movie, Shakespeare in love, Twister, Dante's Peak, Titanic dll...itu pun ditontonya kalo uwa toto udah tidur. disini masih cukup nikmat nontonnya soalnya si uwa kan masih sodara...
  2. Ceu Euis, istrinya mang amin tukang bengkel...kalo disitu sering bgt nonton horor, karena anaknya Ceu Euis yang bernama Teh Teni emang penggila Horor sama sperti saya hehe. film yang pernah di mainkan di situ diantaranya The Others, Jeepers Creepers, Final Destination, The Faculty, Sister Act, Cruel Intentions dll
  3. Ceu Lilis, disini sering bgt film yang saya bawa gak sesuai sama empunya player, contohnya waktu saya puter film Mesasage In the Bottle, spontan mereka semua ketiduran,,,emang waktu tu belum terlalu bijak dalam memilih film, film itu malah bareng2 ditonton sma anak2 kecil anaknya Ceu lilis..film lainnya : Warlock 3, Scream yang belom ada subtitle nya...
  4. Rumah Bu Bidan Ida : Rumahnya tepat berada di halaman mesjid, jadi kalo numpang nonton disini harus selepas Isya...Pulang dari mengaji di mesjid, langsung deh "bioskop" dibuka...paling sering nonton film2 monster, sepeerti Deep Rising, The Lost World :JP..pernah bawa film End Of Days sama Stigmata...karena gambar bajakannya gelap bgt, dan posisi layar TV menghadap jendela dan silau bgt, akhirnya kita berhasil nonton film "blank" sepanjang durasi..yang jelas cuma suara nya aja..hehe
  5. Rumah pasangan pengantin baru Mang Mamak-Teh Linda :...selalu aja kalo disini film saya dikritik trus, Waktu saya bawa Moulin Rouge mereka bilang "nih Film ko nyanyi terus" (Ya iya lah kan ini film musical), Waktu saya bawa Saving Silverman "aaah kurang lucu"katanya, The Others SPOILER"laaah berarti dari awal kita cuma nonton jurig"...yang cukup bikinmereka puas pas saya bawa film anaconda aja..
  6. Rumah Pak Kadus (kepala Dusun)..distu selalu rame sama gadis2, dan mereka adalah penggemar Bollywood sejati..saya pun sempet jadi penggemar Bollywood yang parah ehehe, lebih sering nonton film India sperti Mohabbatein, Dil to Pagal Hai, Kya Kehna...dulu apal...sekarang lupa lagi..mereka cuma suka film yang unsur FUN nya gede bgt, kaya Jumanji, Baby's Day out, Home Alone...bahkan film Baby Day out ditonton ampe tiap hari sekali dan tetep aja ketawa ngakak..hahaha..
sebenernya masih banyak yang para "korban" ku tp...ALHAMDULILLAH udah maghrib..ntar aja dilanjut..(padahal belum tentu ada yang nunggu lanjutannya)..hehe.
Episode"korban" saya hentikan dulu...tp saya masih dalam rangka salam perkenalan diri dulu...ntar abis Isya Insya Allah di sambung..karena jadwal saya antara Isya dan Maghrib adalah bukan didepan komputer...
Kutinggalkan dulu "dunia"...SELAMAT menunaikan Ibadah Shalat Maghrib..
Wasalamualaikum..

4 komentar:

  1. Hahahaha kalo dikampung saya nama Bioskop nya 'Mulya' hihi.

    kocak bos ceritanya haha, saya juga sering banget tuh ngalamin kaya gitu. Bawain film buat di setel di rumah temen, tapi dia malah tidur, ninggalin gue yang celangap nonton 'Lost in Translation' sendirian wkwkwk

    BalasHapus
  2. @Ringgo :..haha, kalo inget waktu tu..suka ketawa sendiri..., paling parah pas lg numpang muterin film HOSTEL..wkwkwk...ana ga tau kalo hostel tuh banyak adegan "tegang" laennya..
    haha...ana juga hampir ketiduran pas nonton Lost in Tanslation..

    BalasHapus
  3. Hahaha...kok mirip ama sy. Cuma kebetulan pas masih SMP, SMA, masih belum ngetop VCD. Masih LD yang segede piringan itam. Mahal pulak. Untung dekat sekolah SMP ada dua bioskop kecil yang suka mutar Matinee atau film murah disiang2. Cuma 500perak aja :p Jadilah pulang sekolah nyinggah dulu.

    Kalau pas SD kan musimnya video kaset dan dekat rumah ada tuh rumah2 yang ngadain pemutaran video dan kemudian dikutip biaya perkepala Rp. 50. Paling ingat nonton Voltus, Megaloman, Lion Man ama film2 silat Barry Prima, filme horornya Suzanna, juga (ehm) Pembalasan Ratu Pantai Laut Selatan dan semacamnya, hahaha.

    Kalau SMA lebih sering nonton LD di tempat Oom. Kebetulan suka nonton tuh si Oom. Dan suka minjem film2. Dia suka pula ngabarin kalau ada film baru. Rumahnya lumayan jauh, tapi demi film dijabanin deh.

    Pas kuliah barulah mulai marak VCD. Masih mahal dulu :( Cuma namanya maniak, beberapa dibelilah, padahal gak ada VCD player dirumah. Hahaha. Untung si oom udah ganti jadi VCD, walhasil setiap beli, numpang nginap dirumahnya atau pas wikenlah, hahaha.

    Wah, sampe sekarang masih disimpan tuh VCD2 kenangan. Syukur alhamdulillah masih dalam keadaan lumayan bagus.

    Yah, sebagai movie freak gini memang ada2 aja ya kalau difikir2 pengalamannya :D

    BalasHapus
  4. @haris :..haha baca pengalaman ka haris, berarti ka haris lahirnya lebih dulu sekitar 8-10 taun dari saya..hehe
    kalo udah "jatuh cinta" (sama film)..apapun rela di lakuin y ka..hehe..

    BalasHapus

DEPAN